Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual, KPU Sulut Minta KPU Kabupaten-Kota Bekerja Sesuai Regulasi

Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual, KPU Sulut Minta KPU Kabupaten-Kota Bekerja Sesuai Regulasi

Manado, sulut.kpu.go.id - KPU Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Pupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lanjutan Tahun 2020 dalam bentuk online meeting, Sabtu 20 Juni 2020.

Rakor online/daring dengan mengikutsertakan KPU Kabupaten/Kota yang memiliki Calon Perseorangan yaitu KPU Kota Manado, KPU Kabupaten Minahasa Selatan dan KPU Kota Tomohon yang dihadiri oleh Ketua, Anggota KPU Kabupaten/Kota, Sekretaris, Kasubag Teknis dan Parmas serta 1 (satu) orang Operator Sistem Informasi Pencalonan (Silon), dibuka secara resmi oleh ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh dalam sambutannya mengharapkan agar KPU Kabupaten/Kota mentaati regulasi yang mengatur tentang pelaksanaan verifikasi faktual bakal calon perseorangan. "Pelaksanaan verifikasi faktual diatur jelas dalam Peraturan KPU maupun Keputusan KPU tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Faktual.

Untuk pelaksanaan teknis verifikasi dimasa pandemi Covid-19 ini juga, KPU RI juga telah menyampaikan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2020. Harap KPU Kabupaten/Kota mengacu dari ketentuan-ketentuan tersebut,"demikan ditambahkan Mewoh.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara Yessy Momongan, selaku ketua/koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan yang menjadi pemateri dalam Rakor tersebut, menyampaikan beberapa hal penting terkait teknis pelaksanaan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan oleh PPS.
"Harap teman-teman memberikan arahan dengan jelas sesuai aturan kepada PPS dalam melaksanakan tugas. Juga memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sebagaimana edaran KPU RI, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," ungkap Yessy.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Tinangon ketika diberikan kesempatan memberikan pengarahan mengingatkan terkait pentingnya perencanaan yang matang serta kerja yang cermat, termasuk ketelitian dalam menyampaikan dokumen.

Dalam kesempatan yang sama, komisioner KPU Sulut, Salman Saelangi yang membidangi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat juga memberikan pengarahan terkait SDM dalam menunjang pelaksanaan verifikasi faktual. Salman meminta KPU Kabupaten/Kota mempercepat rekrutmen sekretariat PPS yang akan memberikan dukungan administratif bagi PPS.

Peserta Rakor menyampaikan beberapa pertanyaan yang dijawab dengan acuan pada regulasi oleh Ketua Divis Teknis Penyelenggaraan, Yessy Momongan.

Sebagaimana diketahui, verifikasi faktual akan dilaksanakan oleh PPS selama 14 hari dalam rentang waktu diantara tanggal 24 Juni 2020 - 12 Juli 2020. Sebelum melaksanakan verifikasi faktual, KPU Kabupaten/Kota akan menyerahkan dokumen dukungan kepada PPS melalui PPK.



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon


    Fax

  • FAN PAGE

  • TWITTER